Pada kesempatan ini dilakukan juga pengukuhan Pengurus Badan Penyantun Puskesmas Bakunase yang tercatat sebagai BPP pertama yang dibentuk di Kota Kupang. Kepengurusan BPP terdiri dari tokoh masyarakat di wilayah puskesmas yang berperan sebagai mitra puskesmas sekaligus memberikan pengawasan terhadap pelayanan puskesmas kepada masyarakat.
Selain janji pelayanan di atas, pada kesempatan ini Ketua BPP juga menyampaikan rekomendasi – rekomendasi untuk perbaikan pelayanan di puskesmas Bakunase kepada Wakil Walikota Kupang.
Wakil Walikota Kupang menanggapi proses yang telah dilakukan oleh Puskesmas Bakunase dengan positif. “ Ini adalah langkah maju yang telah dilakukan, dimana Puskesmas Bakunase sebagai pemberi pelayan telah membuka ruang untuk menerima kritik dan masukan dari masyarakat dan telah coba menggunakannya untuk perbaikan pelayanan ,” demikian disampaikan oleh Wakil Walikota Kupang.
Lokakarya ini diakhiri dengan penandatanganan komitmen untuk mendukung rekomendasi yang telah dihasilkan berdasarkan hasil survey pengaduan masyarakat. Janji / Maklumat pelayanan Puskesmas Bakunase secara lengkap adalah sebagai berikut :
- Anda Menyatakan bahwa Ruang pelayanan Poli Anak dan loket pendaftaran sempit - Kami berjanji akan menata kembali ruangan yang ada dengan lebih baik agar Anda merasa lebih nyaman saat dilayani
- Anda menyatakan bahwa Halaman Puskesmas tidak tertata dengan baik (kotor, berdebu dan tidak nyaman)- Kami berjanji akan melaksanakan JUMAT BERSIH untuk membersihkan lingkungan Puskesmas dan menjaga kebersihan seluruh ruangan di Puskesmas
- Anda menyatakan bahwa Pelayanan di loket pendaftaran terlalu lama dan kondisi loket kurang memadai - Kami berjanji akan menyusun jadwal untuk tambahan petugas loket agar pendaftaran di loket bisa lebih cepat
- Anda menyatakan bahwa Ruang kamar mandi/WC kotor - Kami berjanji akan mengumpulkan dana untuk membayar petugas yang akan membersihkan kamar mandi/WC
- Anda menyatakan bahwa Pelayanan di UGD belum maksimal (hanya dibuka saat jam kerja) - Sebenarnya di Puskesmas kami tidak ada pelayanan UGD, untuk itu kami berjanji akan mengganti papan naman UGD menjadi “Ruang Tindakan”
- Anda menyatakan bahwa Ketersediaan alat-alat pemeriksaan kesehatan tidak memadai (tidak lengkap) - Kami berjanji akan membuat SOP pemeliharaan alat untuk tiap alat kesehatan yang ada sehingga tidak cepat mengalami kerusakan
- Anda menyatakan bahwa tidak ada informasi mengenai jenis-jenis pelayanan pemeriksaan penyakit di laboratorium - Kami berjanji akan membuat papan informasi mengenai jenis-jenis pemeriksaan laboratorium yang dilayani
- Anda menyatakan bahwa petugas kami sering masuk tidak tepat waktu dan jadwal buka & tutup Puskesmas tidak jelas - Kami berjanji akan mengubah perilaku masuk dan pulang kerja tepat waktu
- Anda menyatakan bahwa Petugas sering tidak membawa peralatan lengkap ataupun vaksin saat berkunjung ke Posyandu - Kami berjanji akan mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan sebelum berkunjung ke Posyandu
- Anda menyatakan bahwa Petugas kami kurang ramah (marah-marah dan kurang senyum) dalam melayani pasien - Kami berjanji akan menerapkan 5 S dalam melayani pasien yakni: SENYUM, SAPA SALAM, SOPAN dan SANTUN
- Anda menyatakan bahwa Pelayanan atau pemeriksaan pada ibu hamil belum maksimal - Kami berjanji akan meningkatkan mutu pelayanan untuk ibu hamil baik di dalam maupun di luar gedung
- Mudahkan bagi pasien terlalu berbelit-belit di Puskesmas kami- Kami berjanji akan membuat alur rujukan untuk memperoleh informasi dan alur rujukan yang akan dipajang di papan informasi
- Anda menyatakan bahwa Petugas gizi sering tidak hadir di Posyandu- Kami berjanji akan memaksimalkan petugas yang ada (Perawat, Bidan, Promkes, dll) agar bisa hadir di Posyandu
- Anda menyatakan bahwa kami tidak memberikan prioritas bagi pelayanan pasien yang gawat dan pasien yang biasa - Kami berjanji akan memprioritaskan pelayanan pasien yang gawat dari pasien yang biasa
- Anda menyatakan bahwa petugas Imunisasi kami sering tidak berada di tempat - Kami (Juru Imunisasi) berjanji akan selalu berada dalam ruang imunisasi
- Anda menyatakan bahwa petugas di Apotik sering mengabaikan pasien (sering ngobrol dan tidak membagi obat) - Kami berjanji akan fokus pada pada tugas kami selama jam pelayanan
- Anda menyatakan bahwa petugas sering mengeluh di depan pasien saat melayani pasien - Kami berjanji akan menerapkan 5 S dalam melayani pasien yakni: SENYUM, SAPA SALAM, SOPAN dan SANTUN
- Anda menyatakan bahwa Perawat atau Bidan melayani pasien tidak sesuai standard atau prosedur - Kami berjanji akan bekerja sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP)
- Anda menyatakan bahwa petugas kami sering tidak adil dalam memberikan pelayanan (lebih mendahulukan keluarga atau kenalan)- Kami berjanji akan melayani Pasien dengan adil dan tidak membeda-bedakan
- Anda menyatakan bahwa Petugas atau Bidan kurang merespon keluhan pasien - Kami berjanji akan membangun komunikasi yang baik dengan pasien saat pelayanan, mendengarkan keluhan pasien dan member jalan keluar